Berita

Batam - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang cuaca dan iklim bagi para nelayan, penyuluh perikanan, dan Dinas Perikanan Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau, Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam menyelenggarakan Sekolah Lapang Nelayan (SLN) dengan mengambil tema "Pemanfaatan Informasi Cuaca dan Iklim Untuk Keselamatan Transportasi Laut bagi Nelayan". Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel 89 Batam mulai tanggal 20 s/d 23 Maret 2019.

Kegiatan SLN ini diikuti 25 peserta yang terdiri dari Pejabat Dinas Perikanan Kota Batam dan penyuluh perikanan.

Kegiatan SLN ini dibuka oleh Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Nelly Florida Riama, S.Si, M.Si. dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan Kota Batam, Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam dan Kepala Distrik Navigasi Tanjung Pinang.

Dalam sambutannya, Kepala Pusat Meteorologi Maritim menyampaikan bahwa BMKG sebagai institusi yang salah satu tugas dan fungsinya menyelenggarakan pengamatan cuaca dan iklim serta mendiseminasikan informasi cuaca dan iklim, membuat beberapa program kegiatan sebagai bentuk respon berupa rencana aksi. Salah satu rencana aksi yang dilaksanakan yaitu peningkatan pemahaman para nelayan dan penyuluh perikanan terkait tentang informasi iklim dan pemanfaatannya sehingga turut serta mewujudkan visi dan misi program Nawacita tentang “Kedaulatan Pangan dan Pengembangan Ekonomi Maritim dan Kelautan”.

Sesuai tujuan diadakannya SLN ini, para peserta dibekali berbagai pengetahuan terkait informasi meteorologi maritim. Kegiatan ini diharapkandapat menjadi media pertukaran pengetahuan, informasi, diskusi dan ajang berbagi pengalaman dari para narasumber, penyuluh perikanan, dan stakeholder terkait.

Kegiatan SLN tahun 2019 ini merupakan kegiatan SLN pertama bagi Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam. Oleh karena itu, kesempatan yang sangat baik untuk menimba ilmu dan berdiskusi sebagai upaya meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang informasi cuaca maritim yang kemudian dapat digunakan untuk membantu menyebarkannya kepada nelayan/user dan masyarakat luas ini layak untuk terus diselenggarakan pada tahun-tahun yang akan datang.

Batam, (25/3/19) -Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam menggelar upacara bendera dalam memperingati Hari Meteorologi Dunia ke-69 Tahun 2019. Kegiatan ini dilakukan di halaman Kantor Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam dan di hadiri juga oleh Kepala Stasiun Meteorologi Kijang-Tanjung Pinang, serta Kepala Stasiun Meteorologi Dabo Singkep, bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Kepala Balai Besar MKG Wilayah I, Bapak Edison Kurniawan, S.Si, M.Si.

Dengan mengangkat tema "The Sun, the Earth, and the Weather, " (Matahari, Bumi dan Cuaca untuk Keselamatan dan Kesejahteraan), Inspektur Upacara membacakan pidato dari Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Prof Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc, Ph.D. Dimana pada momentum ini BMKG semakin berkomitmen untuk mengawal pembangunan Indonesia dengan meningkatkan pelayanan informasi MKG yang mudah didapatkan, dengan "Mewujudkan BMKG berkelas dunia dan Socio Entrepreneur Agency" yang berfokus pada Pengembangan SDM, Penataan organisasi, Layanan informasi yang prima berbasis dampak dan risiko, infrastruktur peralatan operasional, dan mewujudkan sistem pengelolaan data MKG yang terintegrasi"