Berita

Senin, 21 April 2014, Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam kedatangan kunjungan dari siswa Sekolah Djuwta Batam.Kunjungan dimulai pukul 09.00WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB. Kunjungan sekitar 61 siswa tersebut merupakan bagian dari out door activity atau Pembelajaran Luar Sekolah mengenai pengenalan cuaca dan iklim sejak usia dini. Kegiatan ini dimaksudkan agar siswa dapat belajar langsung mengenai cuaca dan iklim melalui metode contextual teaching and learning. Jadi tidak belajar cuaca dan iklim secara tekstual saja, tetapi lebih ditekankan pada pemaknaan arti cuaca dan iklim secara langsung yang diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Rombongan Siswa Sekolah Dasar disambut baik oleh pegawai Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam. Pada kunjungan ini, para pegawai Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam yang bertugas memberikan informasi-informasi mengenai cuaca, iklim, keadaan geografis, unsur-unsur cuaca, prakiraan cuaca, satelit, alat-alat yang digunakan oleh Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam serta menjawab pertanyaan-pertanyaan siswa peserta kunjungan.

            Siswa Sekolah Djuwta Batamsangat antusias dalam menanggapi setiap informasi yang diberi oleh para pegawai Stasiun Meteorologi Hang Nadim. Banyak siswa dari Sekolah Djuwta Batam mengajukan pertanyaan dan diantara ada pertanyaan yang lucu dan menggemaskan. Para peserta kunjungan melakukan kunjungan ke ruang forecast, untuk mengetahui proses pembuatan prakiraan cuaca, ruang observasi, untuk melakukan pengolahan, penyandian, dan pengiriman data, ruang satelit, untuk lebih memahami fenomena alam yang terjadi, ruang teknisi, tempat dimana alat-alat pembantu atau pendukung pengamatan, serta taman alat, untuk melakukan pengamatan cuaca langsung dan lebih mengenal alat-alat yang terdapat di taman alat.

            Semangat dan rasa ingin tahu dari siswaSekolah Djuwta Batam menambah juga semangat para pegawai Stasiun Meteorlolgi Hang Nadim Batam untuk memberikan penjelasan lebih detail. Para pegawai Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam menyambut baik kunjungan ini, selain dapat membawa nama Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam agar lebih dikenal masyarakat, kunjungan ini juga dapat membentuk kesadaran diri siswasebagai generasi muda penerus bangsa untuk lebih peduli terhadap alam..Dengan adanya kunjungan ini, Stasiun Meteorologi Hang Nadim telah menunaikan salah satu tugasnya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada publik.Dalam kesempatan kunjungan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa Sekolah Djuwta Batam agar memahami cuaca dan iklim secara umum dan fenomena alam yang sedang terjadi saat ini serta bagaimana menghadapinya.[red]