Berita

BuletinMeteorologi kali ini menampilkan profil Kepala Seksi Data danInformasi stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam, Tri AgusPramono, S.Kom. Pria kelahiran Jakarta, 7 April 1972 ini ternyata mempunyai hobby olahraga Bola Basket dan berenang. Bapak 42 tahun ini telah dikaruniai dua orang anak, yaitu Listia Annisa Pramono dan Muhammad Afwi Pramono.

Perjalanan karir beliau dimulai sejak lulus dari Akademi Meteorologi dan Geofisika dan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan penempatan pertama di Sub Bidang Aerologi Bidang Meteorologi BMKG Pusat Jakarta pada tahun 1995. Tak hanya karir, jodohpun rupanya beliau temukan sejak bersekolah di AMG. Sri Sulismiyati, teman sekampus yang kemudian menjadi teman hidup beliau dan kini menjabat sebagai Kepala Kelompok Forecaster StasiunMeteorologi Hang Nadim Batam.

Suka duka menjadi forecaster sudah beliau rasakan sejak bertugas di Batam tahun 2000. Mulai dari harus berdinas ketika hari raya, saat hujan petir, hingga merasakan demam panggung ketika menghadapi kamera saat talkshow maupun live interview. Yang paling berat beliau rasakan adalah beban moril menjadi seorang forecaster yang harus memberikan prakiraan yang tepat terkait keadaan cuaca di Batam dan sekitarnya. Namun hal ini tidak menciutkan niatnya untuk terus belajar dan berusaha menyajikan prakiraan cuaca dengan tingkat validitas yang tinggi. Bahkan beliau sudah merasakan manfaat dari ilmu yang selama ini digeluti, “Senang rasanya kita bias mengetahui lebih dulu tentang cuaca yang mungkin akan terjadi, sehingga kita bias memberikan early warning kepada masyarakat.” tambahnya.

Lain halnya menjadi seorang Kasi, beliau harus dihadapkan dengan bermacam-macam karakter pegawai dan bagaimana beliau mengkoordinir seluruh pegawai yang berada di bawah seksi yang beliau pimpin.

Harapan beliau bagi rekan-rekan seprofesinya agar menjalankan profesi ini dengan ikhlas. “Sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan baik hasilnya dan kita pun enak menjalaninya, tapi bila kita mengerjakan dengan tidak ikhlas maka akan terasa berat untuk dijalani.”

Terakhir beliau berharap agar Buletin Meteorologi ini dapat bertambah kontennya supaya menjadi lebih berbobot dan pengguna mendapatkan manfaat yang lebih lagi dari bulletin ini.

 

RiwayatPendidikan:

1991 – 1994 : D3 Meteorologi di AkademiMeteorologidanGeofisika Jakarta

2005 – 2007 : S1 SistemInformasi di STMIK PuteraBatam

RiwayatPekerjaan:

1995 – 2000: SubidAerologiBidangMeteorologi BMKG Pusat Jakarta

2000 – 2012: Forecaster Stamet Hang NadimBatam

2012 – sekarang: KepalaSeksi Data danInformasiStamet Hang NadimBatam