Berita

Philip Mustamu lahir di Tarakan pada tanggal 06 April 1959. Dibalik sikap tegasnya ternyata kasmet ini memiliki hobi olahraga dan mendengarkan musik. Beliau sedang menjalani studi S2 nya mengenai Manajemen SDM. Bapak yang berusia 55 tahun ini telah memiliki 3 orang anak dan 2 orang cucu. Perjalanan karir beliau dimulai setelah lulus AMG langsung ditempatkan sebagai prakirawan di Biak tahun 1982-1987.

“Saat bertugas di Stamet Merauke menjadi pengalaman paling menarik. Pada saat itu pertama kali menjabat sebagai KUPT dan banyak tuntutan masyarakat yang belum bisa terpenuhi oleh BMKG. Dengan keterbatasan 8 orang pegawai tidak membuat penyampaian informasi terhambat. Dengan tenaga minim BMKG tetap sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama dalam keadaan extrem”, paparnya.

 

Prestasi yang membanggakan yang sudah tercapai sampai saat ini ialah menjadi KUPT di Stamet Klas 1 Hang Nadim Batam dan targetnya memberikan kepada negara melalui BMKG. Harapan beliau untuk stasiun agar dapat memberikan informasi kepada masyarakat yang membutuhkan dan berdasarkan yang tertulis di UU No. 31 Tahun 99 .

“Tidak perlu masyarakat meminta, kita wajib memenuhi kebutuhan mengenai MKKuG”,terangnya.

Kriteria pegawai yang baik menurut Bapak yang sudah berpengalaman di dunia kemeteorologian ini adalah pegawai yang tidak neko neko, sadar aturan (bukan karena kata atasan tapi memang untuk mematuhi peraturan). Beliau memiliki prinsip memberi tahu pegawai dengan cara mencontohkan langsung, memotivasi dari diri sendiri dulu. “Tidak suka dengan pegawai yang malas-malasan , lelet, dan tidak menghargai waktu”, tambahnya.

Semangat juangnya yang tinggi dibuktikan dengan kegigihannya, yang walaupun di ujung karir masih semangat mengambil S2 manajemen SDM thn 2013-sekarang. Semangat ini tentunya didorong oleh orang-orang penting yang ada di belakangnya, keluarga, anak-anak, dan terutama istrinya.

Terakhir harapan beliau untuk buletin ini agar bisa memberikan informasi kepada masyarakat tidak seperti mendongeng, kita harus bisa memberikan pembelajaran dan pemahaman informasi pada masyarakat.

Ini merupakan sepenggal kisah perjalanan hidup dan juga motivasi dari Kasmet Hang Nadim Batam, Bapak Philip Mustamu. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua dan bisa memotivasi kita semua untuk menjadi pegawai yang jaya, yang melayani masyarakat dengan baik, melalui keakuratan data dan pelayanan yang baik juga tentunya.

Nama                : Philip Mustamu, S.Sos.

TTL                  : Tarakan (Kaltim)/ 06 April 1959

Alamat              : Komp. Rajawali Blok TD No. 7 Perum. Bandara Hang Nadim

Pendidikan        : D3 Meteorologi Tahun 1982

                        S1 Administrasi Negara Tahun 2011

                         S2 Manajemen SDM Tahun 2013

Riwayat Pekerjaan  :

1.Forecaster Di Stamet Biak Tahun 1982-1987

2.Forecaster Di Stamet Halim Perdana Kusuma Tahun 1987-1989

3.Kapok Forecaster Di Stamet Hang Nadim 1989-2005

4.Kasmet Mopah Merauke Tahun 2005-2009

5.Kasmet Pekanbaru Tahun 2009-2012

6.Kasmet Hang Nadim Batam April’12 – Sekarang

Email                            : mustamuphilip@yahoo.co.id

No.HP                          : 08124811007