Profil

20
Apr
Ipsum
No Images
PROFIL STASIUN METEOROLOGI HANG NADIM BATAM
  • Admin
  • 0 views
  • 0 Comments
  • Profil

Pulau Batam yang terletak di wilayah Propinsi Kepulauan Riau berada pada daerah strategis, berhadapan langsung dengan kegiatan sentra bisnis negara Asean yaitu Singapura, Malaysia, dan Thailand. Mendasari pada hal ini pemerintah melalui Keppres no. 65 tahun 1970 tanggal 19 Oktober 1970, mulai mengembangkan Pulau Batam menjadi kawasan khusus. Selanjutnya salah satu infrastruktur yang perlu disiapkan adalah membangun Bandar Udara di Pulau Batam. Sejalan dengan itu, dalam rangka pelaksanaan operasional Keselamatan Penerbangan, bahwa suatu Bandar Udara memerlukan informasi Meteorologi, sehingga pada tahun 1984 mulai dioperasikan Pos Pelayanan Meteorologi guna memberikan dukungan dalam bentuk pelayanan berupa Informasi Meteorologi Penerbangan Bandar Udara Hang Nadim Batam.

Berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan No 58 tahun 1995, tanggal 21 Desember 1995, menetapkan pembentukan Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim Batam yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Badan Meteorologi dan Geofisika, (kini BMKG). Dalam pelaksanaan tugas sehari-hari Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim Batam secara administrasi dibina oleh Sekretasis Utama dan secara teknis operasional dibina oleh Deputi sesuai dengan bidang tugasnya.Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam dipimpin oleh seorang Kepala.

Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam mempunyai tugas tambahan sebagai Stasiun koordinator pos hujan kerja sama di Pravinsi Kepulauan Riau dengan tugas seperti yang biasa dilakukan oleh Stasiun Klimatologi. Selain itu Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam bertugas sebagai koordinator Stasiun BMKG di Provinsi Kepulauan Riau dalam pengelolaan Anggaran Belanja Modal dan koordinasi antar Stasiun BMKG di Provinsi Kepulauan Riau, yakni, Stasiun Meteorologi Tanjung Pinang, Stasiun Meteorologi Ranai, Stasiun Meteorologi Tarempa, Stasiun Meteorologi Dabo Singkep dan Stasiun Meteorologi Tanjung Balai Karimun.

Jenis Pelayanan yang dilaksanakan berupa, Meteorologi Publik, Metorologi Penerbangan, Meteorologi Maritim, Iklim, Lingkungan dan Buletin. Bentuk pelayanannya berupa, Prakiraan Cuaca, Cuaca Harian, Flight Document, Taf, Rof dan Local Weather Report, Prakiraan tinggi Gelombang Arus Laut dan Pasang Surut. Penyampaian produk pelayanan yang disampaikan kepada masyarakat atau pengguna, (Bandara, Air Liner, Dinas Navigasi, Syahbandar Pelabuhan) menggunakan media cetak dan elektronik.

Keberadaan dan aktifitas Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam tidak terlepas dengan BP. Batam, yang pada awal keberadaan nya didanai oleh Otorita Batam (sekarang BP. Batam). Dalam implementasi dan pelaksanaan kerja Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam dan BP. Batam, didasarkan lewat Kesepakatan Kerjasama. Dengan demikian maka peralatan pendukung operasional Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam sejak pengoperasiannya dan sampai saat ini sebagian diadakan oleh BP. Batam, seperti, Radar Cuaca, Automatic Weather System, Ligthning Detector, Sattelite Reciever, Aeronautical Meteorological Web.

HUBUNGI KAMI

Office : Jalan Hang Nadim Batu Besar Batam 29466
Phone : +62-778-761401
    +62-778-761507 ext. 4103, 4108
Fax : +62-778-761401
Email : stamet.hangnadim@bmkg.go.id
    bmg_btm@yahoo.com